RPP BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi - RPP ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 7 Semester 1 Ganjil sebagai pegangan guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Kali ini Soaltestujian akan memaparkan tentang RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi
Adapun Komponen dan sistematika RPP sebagai berikut:
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian KompetensiSumber belajar
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Media dan Bahan
Sumber Belajar
Langkah-langkah Pembelajaran
Penilaian
Berikut adalah RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 7 (Tujuh) / I (Satu)
Materi : Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 1 kali pertemuan
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
- Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
- Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
- Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
- Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
- Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
- Merencanakan penulisan teks deskripsi.
- Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
- Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi.
2. Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan.
Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2. Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan.
2. Merencanakan penulisan teks deskripsi.
Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
2. Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci
b. Menggunakan Pilihan Kata
c. Mengidentifikasi Majas
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan 1 : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2 : Model Discovery Learning
Pertemuan 3 : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan 4 : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1. Media : Media audiovisual yang berkaitan dengan struktur teks deskripsi
2. Bahan : Model teks deskripsi
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
H.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
Kegiatan Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
1. Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a) Alokasi waktu : 10 menit
Kegiatan Deskripsi Kegiatan
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3. Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4. Peserta didik menerima informasi tentang merinci bagianbagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang akan dilaksanakan
5. Guru bertanya mencari informasi tentang struktur teks deskripsi dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing – masing.
Inti Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2. Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan struktur teks deskripsi secara umum
3. Peserta didik dalam kelompok mengamati teks deskripsi misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
4. Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi merinci bagianbagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi)
5. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi)
7. Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat pada teks deskripsi
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
9. Menyimpulkan merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
Alokasi waktu 90 menit
Kegiatan Deskripsi Kegiatan
10. Mengidentifikasi merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
11. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
12. Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
13. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
14. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15. Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
16. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
17. Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat menyimpulkan tentang merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh
18. Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait struktur teks deskripsi
Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
19. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
20. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
21. Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
22. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
Penutup
1. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
2. Melaksanakan postes terkait merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
3. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4. Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
5. Guru memberikan tugas
Penugasan:
a. Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
b. Identifikasi/ gambaran umum berisi ….
c. Deskripsi bagian berisi….
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.
Demikian Materi Pembahasan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi, semoga bermanfaat