Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL PTS UTS MATEMATIKA KELAS 8 SMP/MTS SEMESTER 1 LENGKAP KUNCI JAWABAN

soal-pts-uts-matematika-kelas-8-smp-mts-semester-1-lengkap-kunci-jawaban
Soal PTS UTS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Lengkap Kunci Jawaban - 
Soal PTS UTS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Lengkap Kunci Jawaban Ulangan Tengah Semester UTS / semester 1 kelas 8 SMP yang bisa sobat pelajari dan berikan sebagai contoh latihan soal kisi-kisi ujian ulangan Soal PTS UTS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Lengkap Kunci Jawaban tahun pelajaran 2022 Soal Ulangan Akhir Semester 1

Soal PTS UTS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Lengkap Kunci Jawaban
Mata Pelajaran : Matematika 
Kelas/ Semester : 8 (Delapan )/ 1 (Satu)
Hari/ Tanggal : ..................................
Waktu : 60 menit

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Tiga suku berikutnya dari 2, 3, 5, 8 adalah ….


A. 13, 21, 34

B. 12, 17, 24

C. 9, 11, 15

D. 11, 14, 17


2. Dua suku yang tidak diketahui dari pola 2, -1, 3, 4, 1, 5, 6, 3, 7 adalah ….

A. 11, 8  

B. 10, 7

C. 9, 6

D. 8, 5


3. Aksara yang hilang dari pola A, B, D, …, G, J, J, M, N adalah ….

A. E

B. F

C. G

D. H


4. Tiga contoh selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 10, 13 adalah ….

A. 15, 16, 19  

B. 18, 23, 26

C. 20, 16, 28

D. 20, 25, 26


5. Tiga contoh selanjutnya dari 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17 adalah ….

A. 18, 23, 22

B. 17, 22, 21

C. 16, 21, 20

D. 15, 20, 19


6. Dua contoh selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21 adalah ….

A. 27, 31

B. 25, 31

C. 25, 30

D. 25, 29


7. Perhatikan contoh bilangan berikut.

(2, 7), (3, 9), (5, 13)

Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari bilangan pertama pada contoh tersebut adalah ….

A. ditambah 4

B. dikalikan 3

C. dikalikan 2 kemudian ditambah 3

D. dikalikan 2 kemudian dikurangi 1


8. Titik-titik yang ada di kuadran III adalah ….

A. (6, 5)

B. (-6, 5)

C. (6, -5)

D. (-6, -5)


9. Koordinat titik A yaitu (-5, 3). Jarak titik A dari sumbu Y adalah ….

A. 5 satuan

B. 3 satuan

C. -3 satuan

D. -5 satuan


10. Koordinat titik berikut yang berjarak 7 satuan dari sumbu X dan 4 satuan dari sumbu Y adalah ….

A. (7, 4)

B. (-7, 4)

C. (4, 3)

D. (-4, -7)


11. Garis k melalui (-3, 5) dan (0, 5), sedangkan garis m melalui (-3, 3) dan (-1, 3). Posisi garis k dan m adalah ….

A. sejajar sumbu X

B. sejajar sumbu Y

C. tegak lurus sumbu X

D. berpotongan dengan sumbu X


12. Dika sedang latihan baris-berbaris. Mula-mula Dika berjalan ke timur 4 langkah, kemudian 3 langkah ke Utara. Jika titik awal Dika berjalan, yaitu titik (1, 1), maka koordinat Dika sekarang adalah 

A. (0, 3)

B. (4, 0)

C. (5, 4)

D. (4, 3)


13. Sebuah berdiri mempunyai koordinat A(1, 3), B(1, 1), C(5, 1), dan D(3, 3). Bangun yang dibuat oleh titik-titik tersebut adalah ….

A. trapesium

B. persegi panjang

C. jajargenjang

D. persegi


14. Diketahui titik A(0, 0), B(6, 0), dan D(2, 3). Maka koordinat titik C supaya ABCD menjadi trapesium sama kaki adalah ….

A. (3, 4)

B. (4, 3)

C. (0, 6)

D. (3, 2)


15. Diketahui A = {x | 1 ≤ x < 4, x ∊ A}, B = {2, 3, 5, 7}. Banyaknya fungsi dari A ke B adalah ….

A. 7

B. 12

C. 64

D. 81


16. Suatu fungsi f(x) = mx + n. Jika f(-2) = -9 dan f(3) = 11, nilai m dan n adalah

A. -4 dan 1

B. 4 dan 1

C. -4 dan -1

D. 4 dan -1


17. Suatu fungsi dengan rumus f(x) = 4 – 2x², f(-5) adalah ….

A. -46

B. 54

C. 46

D. 104


18. Diketahui g : x → x² – 5x + 4 dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2}, maka daerah hasilnya adalah ….

A. {-2. 0, 6, 10, 15}

B. {-2, 0, 4, 8, 10}

C. {-2, 0, 4, 10, 18}

D. {-2, 0, 6, 8, 18}


19. Jika f(x) = x² + 2 dan g(x) = 2x + 5 dan f(x) = g(x), maka x adalah ….

A. 3 atau 1

B. -3 atau 1

C. 3 atau -1

D. -3 atau -1


20. Himpunan berikut yang merupakan fungsi adalah ….

A. {(1, 1),(1, 2), (1, 3), (1, 4), (1, 5)}

B. {(1, 2),(2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}

C. {(4, 2),(4, 3), (3, 1), (3, 2), (1, 1)}

D. {(4, 2),(3, 2), (2, 2), (2, 3), (1, 2)}