Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH CARA MEMBUAT FORMAT PROPOSAL KEGIATAN YANG BAIK DAN BENAR

contoh-cara-membuat-format-proposal-kegiatan-yang-baik-dan-benar
CONTOH CARA MEMBUAT FORMAT PROPOSAL KEGIATAN YANG BAIK DAN BENAR  contoh-cara-membuat-format-proposal-kegiatan-yang-baik-dan-benar

cara membuat format proposal kegiatanProposal kegiatan adalah sebuah karya tulis berupa lampiran rancangan kegiatan kerja yang sengaja dibuat dalam rangka mengajukan usulan kepada pihak terkait agar mendapatkan izin atau persetujuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan

Contoh Proposal kegiatan biasanya berupa surat pengajuan untuk meminta suatu permintaan atau permohonan bantuan baik berupa materi uang maupun barang kepada pihak terkait seperti perusahaan swasta dan perusahaan milik pemerintahan agar proposal kegiatan kerja bisa dibantu sesuai harapan.

Macam-macam contoh proposal tergantung dari bentuk jenis kegiatan kerja, seperti  proposal kegiatan,proposal kegiatan sekolah, proposal usaha, proposal ptk,proposal penelitian,proposal skripsi , proposal acara, proposal penawaran, proposal mencari sponsor dan proposal lainnya

Bagaimana cara membuat contoh bentuk format proposal yang baik dan benar ?

Baca juga : contoh-contoh proposal kegiatan yang benar dan lengkap
                 : contoh-contoh teks naskah pidato singkat yang baik dan benar
                 : contoh teks naskah pidato kata sambutan acara syukuran singkat

Contoh penulisan proposal yang baik dan benar adalah mampu memberikan keterangan dan sejumlah informasi secara detail mengenai visi, misi dan tujuan proposal kegiatan itu dibuat.

Cara Membuat Proposal Kegiatan

Berikut contoh proposal yang baik dan benar, proposal yang baik dan benar mampu memberikan keterangan dan sejumlah informasi secara terperinci dan detail mengenai visi dan misi berserta tujuan dari proposal itu dibuat:

Judul Proposal

Ini yang menjadi penjelasan pertama apa tujuan dari proposal itu diajukan, misalnya “PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI PANGGUNG GEMBIRA SMA NGLUMPANG”.

Latar Belakang
Latar belakang adalah gambaran dari sekolah tadi dan alasan diadakan acara pentas seni tadi. Untuk gambaran sekolah bisa diambil dari sejarah sekolah dan beberapa prestasi sekolah.

Tujuan
Tujuan dari di ajukannya proposal harus dijelaskan secara detail dan harapan dari pentas seni tersebut. Semakin bagus isi penjelasan maka tidak menutupi kemungkinan akan dibantu dengan baik juga.

Kegiatan
Kegiatan acara harus dijelaskan dengan baik juga, apa saja pertunjukkan yang akan ditampilkan, berapa pesertanya, kapan dimulai acaranya, dimana tempatnya dan lainnya.

Anggaran
Anggaran yang akan ditulis pada proposal kegiatan haruslah terlampir dengan terperinci dan sedetail mungkin tanpa ada cacat. Sebisa mungkin kebutuhan dana harus dibuat lebih, karena banyak sekali hal-hal yang tidak akan terduga selama proses persiapan acara.

Contoh Proposal Pentas Seni
Acara pentas seni dalam kegiatan acara sekolah
.kemenag.go.id

1. Latar Belakang

Zaman sekarang banyak anak muda yang sudah terjerumus ke dalam kegelapan dunia dan tidak memikirkan akan masa depannya. Sehingga akal dan pikiran akan menjadi kacau dan tidak dapat sukses di masa yang akan datang. Dengan adanya pendidikan-pendidikan yang mengandung nilai kehidupan, maka hidup seseorang akan menjadi jelas dan memiliki masa depan yang gemilang.

Salah satu cara agar seorang anak mau berpikir dan bergabung bersama dalam menggapai cita-cita bersama adalah dengan mempersatukan mereka dalam sebuah acara yang bermanfaat. Selain mengajak para siswa untuk berpikir tentu saja mengajak mereka untuk bergerak dan tidak diam dalam mensukseskan sebuah acara kebersamaan.

Pentas seni ini adalah bukan pentas seni seperti biasanya. Dalam setiap penampilannya akan disisipi nilai-nilai kehidupan dan nilai-nilai arti pendidikan yang bermanfaat. Dengan ini tidak hanya siswa yang merasakan pendidikannya, tetapi para penonton juga akan merasakan pendidikan-pendidikan kehidupan.

2. Maksud dan Tujuan

Dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah yang ke-25, kami dari segenap siswa akhir dari SMA Nglumpang (contoh)Ponorogo ingin mengadakan sebuah acara pentas seni Panggung Gembira yang berisi tentang drama kehidupan, tarian-tarian daerah dan tentu saja musik-musik buatan para siswa. Diadakan acara ini adalah untuk:

Untuk memperingati umur sekolah SMA Nglumpang (contoh) yang ke-25.
Untuk meningkatkan kreatifitas para siswa dalam berkolaborasi dalam setiap acara penampilan.
Untuk membangun kebersamaan antara siswa sekolah.
Untuk menjadikan pentas seni terakhir bagi siswa akhir sekolah.

3. Kegiatan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pentas seni Panggung Gembira akan dilaksanakan pada

Hari :
Tanggal :
Waktu : Jam 19.30 s/d selesai
Tempat Lapangan sekolah SMA Nglumpang Ponorogo

Susunan Acara

Terlampir

4. Anggaran

Terlampir

5. Penutup

Demikian proposal yang kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasinya Bapak/Ibu dalam acara kami ini. Semoga dengan bantuan ini dapat mensukseskan acara sebagaimana yang kita harapkan.

Atas perhatian dan kerjasamaya, kami ucapkan terima kasih.

Nglumpang, 22 Juni 2015

Demikian  contoh cara membuat format proposal kegiatan yang baik dan benarSemoga bermanfaat khususnya bagi sobat semua yang belajar Membuat format proposal kegiatan yang baik dan benar  jangan lupa berkomentar dan  berkunjung kembali blog soaltestujian


Baca juga Contoh Surat Menyurat  lainnya

 contoh cara membuat format proposal kegiatan yang baik dan benar 

Contoh-Contoh Surat Permohonan Beasiswa Sekolah yang baik dan benar

contoh-contoh proposal kegiatan yang benar dan lengkap

contoh-contoh teks naskah pidato singkat yang baik dan benar

contoh teks naskah pidato kata sambutan acara syukuran singkat

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Beasiswa dari Desa Kelurahan

Contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah Siswa yang baik dan benar

 Contoh Surat Rekomendasi Pembuatan Pasport Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resmi Pengajuan Permohonan Referensi Bank yang baik dan benar