Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL UKK UAS PLH LINGKUNGAN HIDUP KELAS 5 SD SEMESTER 2

Soal-UKK-UAS-PLH-Lingkungan-Hidup-kelas-5-SD-Semester-2
SOAL UKK UAS PLH LINGKUNGAN HIDUP KELAS 5 SD SEMESTER 2  Soal-UKK-UAS-PLH-Lingkungan-Hidup-kelas-5-SD-Semester-2

Soal UKK UAS PLH kelas 5 SD Semester 2  - Bank Soal PLH Pendidikan Lingkungan Hidup  Ulangan Akhir Semester UAS  / semester 2  kelas 5 SD yang bisa sobat pelajari dan berikan sebagai contoh latihan soal kisi-kisi ujian ulangan  kelas 5 SD Semester tahun pelajaran 2019 Soal Ulangan Akhir Semester


Soal UKK UAS PLH Pendidikan Lingkungan Hidup  kelas 5 SD Semester 2

Mata Pelajaran :  PLH Pendidikan Lingkungan Hidup

KELAS : 5 SD Semester 2

Hari/ Tanggal  : ..................................

Waktu   : 90 menit

I.   Berilah tanda silang (x) pada a, b, atau c pada pilihan jawaban yang benar!

1.    Gelombang laut yang terjadi akibat gempa di dasar laut disebut ....
a.    Tanah longsor        c. Gelora
b.    Tsunami        d. Banjir   

2.     Bahaya tanah longsor bagi manusia adalah ....
a.    Terjadinya keributan dan kegaduhan       
b.    Adanya gelombang yang naik ke daratan
c.    Tertimbunnya rumah
d.    Terjadinya aliran lava dan awan panas   

3.    Gempa bumi terjadi karenya terjadinya ....
a.    Tabrakan antar lempeng pada kulit bumi   
b.    Pencairan es besar-besaran di kutub Utara atau kutub Selatan
c.    Gaya tarik menarik matahari dan bulan
d.    Banjir besar yang disebabkan adanya gelombang pasang

4.    Di bawah ini adalah penyebab terjadinya banjir adalah ....
a.    Gundulnya kawasan hutan disekitar aliran sungai
b.    Berpindahnya penduduk dari kawasan banjir
c.    Bantaran sungai ditanami tanaman
d.    Sampah dibuang ke tempat sampah 

5.    Terhadap para korban bencana alam, kita harus bersikap ....
a.    Empati         c. Tabah
b.    Apatis         d. Meminta bantuan  

6.    Bantuan terhadap korban bencana alam yang bukan berupa materi adalah ....
a.    Pakaian         c. Motivasi
b.    Makanan         d. Obat-obatan

7.    Cara memberikan bantuan yang tepat terhadap korban bencana alam adalah ....
a.    Mengumpulkan dana        c. Melalui rekening
b.    Melalui posko-posko        d. Langsung diberikan sendiri
.
8.    Berikut ini adalah usaha yang dilakukan untuk menggalang dana bagi korban bencana alam, kecuali ....
a.    Meminta sumbangan di jalan raya         c. Mendirikan posko-posko
b.    Mengumpulkan dana di sekolah        d. Menabung   

9.    Ketika saat bermain di lapangan terbuka terjadi gempa bumi, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah ....
a.    Berlari sekencng-kencangnya
b.    Masuk ke dalam rumah atau ruangan
c.    Tidak usah panik dan berhentilah sejenak bermain
d.    Berjongkok di bawah pohon rindang   

10.    Di bawah ini adalah tindakan yang harus dilakukan pada saat terjadi gempa, ketika kita dalam ruangan kecuali ....
a.    Menutup kepala dengan benda        c. Memutup mata
b.    Berlindung di bawah meja        d. Berjongkok

11.    Dibawah ini adalah benda yang harus dibawa/dipersiapkan untuk keadaan darurat, kecuali ....
a.    Mainan         c. Kota P3K berisi obat
b.    Air minum         d. Makanan yang tahan lama   

12.    Tempat yang aman di dalam rumah untuk berlindung saat terjadi gempa bumi adalah ....
a.    Dekat jendela         c. Bawah meja
b.    Tempat tidur         d. Kamar mandi

13.    Banyak keuntungan yang diperoleh jika kita mengolah limbah kering menjadi barang bermanfaat. Keuntungan itu adalah sebagai berikut kecuali ....
a.    Dapat menciptakan lapangan pekerjaan
b.    Mempercepat berkurangnya pencemaran air
c.    Ikut membantu mengatasi masalah sampah
d.    Memperoleh manfaat ganda dari barang yang sudah digunakan

14.    Daur ulang adalah salah satu cara mengolah sampah padat, yang terdiri atas kegiatan ....
a.    Penyulingan, pembekuan, permentasi dan pengomposan
b.    Pemilihan, pengumpulan, pemprosesan dan pembuatan
c.    Pengolahan, penanaman, pemeliharaan dan pemungutan
d.    Pembibitan, penanaman, penumpukan dan penyiangan   

15.    Limbah kayu yang berupa bilah-bilah kayu dapat digunakan untuk membuat ....
a.    Kompos dan minyak sampah        c. Pot dan tentengan parsel
b.    Ragi dan cairan organik        d. Obat dan tanaman obat

16.    Kalau kita menggunakan limbah kayu untuk dijadikan pot buka, kita mendapatkan keuntungan berikut, kecuali ....
a.    Sampah menjadi barang bermanfaat        c. Mengotori lingkungan
b.    Menciptakan lapangan pekerjaan        d. Menghasilkan uang

17.    Sebelum benbuat hasil karya dari barang bekas, sebaiknya kita membuat ....
a.    Tujuan        c. Pertencanaan
b.    Alatl-alat yang diperlukan        d. Biaya yang diperlukan

18.    Sampah organik dapat diolah menjadi ....
a.    Hiasan dinding        c. Alat rumah tangga
b.    Racun serangga        d. Pupuk kompos

19.    Alat-alat yang diperlukan untuk membuat hasil karya dari barang bekas adalah ....
a.    Pisau silet, kapak, tali rapia
b.    Pisau serut, gergaji kecil, ampelas, tali (karet)
c.    Kater, tripleks, lem
d.    Gergaji besar, lem, pisau

20.    Langkah-langkah membuat pot dari limbah kayu adalah ....
a.    Menentukan cetakan, merangkai, diserut, mengelem
b.    Memilih bahan, menentukan cetakan, diserut, merangkai
c.    Memilih bahan, diserut, menentukan cetakan, merangkai, mengelem
d.    Memilih bahan, merangkai, diserut, menentukan cetakan, mengelem

21.    Hasil karya para siswa selama satu tahun dapat diperlihatkan kepada umum pada acara di sekolah, khususnya pada acara ....
a.    Pameran dan kenaikan kelas        c. Pemeliharaan dan pengambilan
b.    Pertukaran dan penjualan        d. Pembelajaran dan ulangan

22.    Tema kegiatan dalam menampilkan hasil karya siswa adalah ...
a.    Dengan pameran kita tingkatkan kencintaan kita terhadap lingkungan hidup
b.    Melalui pameran siswa kelas 5 memdidik dan untuk peduli lingkungan hidup
c.    Melalui pameran kita tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup
d.    Dengan pameran kita tingkatkan kreatifitas bagi orang-orang yang kreatif

23.    Waktu untuk menampilkan hasil karya dalam pameran kelas adaalah ....
a.    Akhir pelajaran    c. Akhir semester
b.    Tengah semester    d. Kenaikan kelas

24.    Sumber biaya untuk menampilkan hasil karya siswa dalam pameran kelas adaalah ....
a.    Mengumpulkan dari uang jajan    c. Meminta ke sekolah lain
b.    Mendirikan posko-posko    d. Meminta dari orang tua

25.    Panitia pelaksana dipilih dari antara teman-teman yang dipilih secara ....
a.    Dipaksa    c. Kesenangan
b.    Demokrasi     d. Ditunjuk

II.   Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

26.    Kita mengetahui 4 macam bencana alam yaitu ....
27.    Gempa bumi terjadi karena ....
28.    Maksud bersikap empati terhadap korban bencana alam adalah ....
29.    Pemberian  bantuan terhadap korban bencana alam dengan cara ....
30.    Saat kalian berada di dalam rumah terjadi gempa bumi, sikap yang tepat dalam situasi seperti ini adalah ....
31.    Tsunami terjadi karena ....
32.    Lima contoh barang bekas yang didaur ulang adalah ....
33.    Contoh materi limbah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat barang-barang tertentu adalah ....
34.    Bahan untuk membuat pot bunga dari barang bekas adalah ....
35.    Contoh hasil karya Dari barang bekas adalah ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

36.    Jelaskan apa yang menyebabkan terjadinya tanah longsor!
37.    Jelaskan penderitaan-penderitaan yang dialami oleh para korban bencana alam!
38.    Jelaskan tindakan dalam menyelamatkan diri saat terjadi gempa, ketika sedang berada di dalam kelas!
39.    Jelaskan keuntungan mendaur ulang barang bekas menjadi barang bermanfaat!
40.    Jelaskan pengertian dari daur ulang!


Baca juga soal ujian kelas 5 SD