Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH TEKS NASKAH PIDATO KEMERDEKAAN HUT RI 17 AGUSTUS

Contoh Teks Naskah Pidato Kemerdekaan Hut Ri 17 Agustus -  Pidato HUT RI Kemerdekaan RI 17 Agustus adalah bentuk rasa cinta tanah air akan semangat Kemerdekaan dan Perjuangan Para Pahlawan Bangsa yang Berani mengusir para penjajah dari Nusantara negeri Indonesia tercinta.

Berikut adalah Beberapa Contoh Teks Naskah Pidato Singkat HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus

Contoh Teks Naskah Pidato Kemerdekaan Hut RI 17 Agustus 1945 part 1

Assalamualaikum wr wb..

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena dengan anugerahnya kita mampu berada disini untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Ini merupakan salah satu kesempatan kita untuk merenungi dan berterima kasih atas semua perjuangan para pahlawan di masa lalu. Pahlawan yang tidak mengenal takut. Pahlawan yang gagah berani di hadapan musuh sekuat apapun dan pahlawan yang rela mati demi terciptanya Indonesia yang lebih baik.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air..

Kita tentu mengerti bagaimana bangsa terdahulu berjuang. Mereka bahkan tidak takut sama sekali meskipun hanya bermodalkan senjata tradisional, bahkan bambu runcing. Setelah berjuang tanpa lelah, mengorbankan harta dan nyawa, akhirnya sampailah kita pada hari yang dinanti, dimana Bung Karno mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dengan suka cita kita menyambut hari ini. Hari dimana kita bebas berpikir dan bertindak. Kita bebas menciptakan masa depan kita sendiri dan tidak terikat dengan rantai-rantai pengekang para penjajah.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air..

17 Agustus 1945 tentu bukanlah akhir dari perjuangan. Ini adalah fondasi untuk berjuang di dunia yang sesungguhnya. Kita, para penerus bangsa, akan menghadapi dunia yang lebih sulit, akan menemui perjuangan yang jauh lebih berat. Di momentum ini, marilah kita panggil lagi semangat dari para pahlawan kita.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air..
Dewasa ini kita sedang menghadapi perang yang tidak kalah menakutkan. Perang pemikiran adalah perang terbesar abad ini yang harus kita menangkan.

Berbagai media dan teknologi, saat ini dikuasai oleh negara-negara maju di kawasan Asia Timur, Eropa, dan Amerika. Kita tentu mengenal berbagai merek besar seperti Samsung, Apple, Honda, Yamaha, atau Ford di sekeliling kita. Kita, merupakan salah satu bangsa yang bergantung pada produk-produk tersebut. Selama puluhan tahun, kita terlena dengan "fasilitas" yang mereka berikan. Apakah pernah kita bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang bisa kita lakukan. Apa yang dapat kita kontribusikan? Apakah kita hanya sebatas pengguna? Penonton? Apakah kita tidak bisa menggunakan produk hasil karya bangsa sendiri???

Ketika media dan teknologi terus dikuasai oleh asing, maka sudah pasti kita berada dalam arus budaya dan pemikiran yang mereka miliki. Tidak perlu jauh-jauh, kita lihat saja bagaimana tingkah laku remaja kita. Pakaian mereka sudah setengah telanjang. Mereka bebas menggunakan pakaian ketat yang tentunya diadopsi dari gaya-gaya berpakaian para bintang holywood dan artis-artis luar negeri lainnya. Apakah para remaja adalah anak-anak yang rajin belajar? Mereka malah rajin hura-hura dan berpesta menghabiskan uang orang tua. Lagi-lagi, ini bisa jadi merupakan pengaruh film-film tanpa motivasi dari luar negeri yang mencontohkan kehidupan glamour.

Membantah orang tua, menghardik, dan tidak menuruti perintah adalah perilaku yang harus ditegakkan. Ini bagian dari kebebasan berargumentasi seorang pemuda. Nilai-nilai kebebasan inilah yang juga secara gencar dikampanyekan oleh media barat. Di film khsusnya, sering kita saksikan bagaimana seorang pemuda bebas bermain bersama teman-teman mereka, berpesta, hura-hura, dan sering bertengkar dengan orang tua. Jarang sekali kita lihat bagaimana nilai-nilai pendidikan dan norma yang santun diagungkan.  

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air..

Ketika tiba saatnya ujian sekolah dan ujian nasional, ramai-ramai para remaja yang sudah terpengaruh oleh budaya luar, yang menghabiskan hari dengan kegiatan yang tidak penting, mengejar tingginya nilai dengan mencontek. Dianggap oleh mereka, mencontek adalah perilaku biasa, perilaku yang masih dalam batas wajar. Padahal, ini adalah cikal-bakal para koruptor. Kita bisa tanpa terbiasa. Ketika dulunya lihai mencontek, membohongi guru dan orang tua, nantinya bisa jadi lihai mengubah data-data, membohongi rakyat, mengambil uang mereka, dan tanpa dosa menikmati serta menganggapnya sebagai perilaku yang wajar.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air..

Maka, marilah kita filter perilaku-perilaku dan pemikiran buruk dari dunia luar. Marilah kita semua memanfaatkan hari-hari yang merdeka ini untuk menciptakan bangsa yang maju baik secara pemikiran maupun secara teknologi. Sebagai para remaja, kita sudah seharusnya mengutamakan pendidikan, baik itu pendidikan akademik, pendidikan minat dan bakat, serta pendidikan nilai-nilai di masyarakat. Mari kita kembali ke bangsa Indonesia yang terkenal akan kesantunannya. Mari kita hadirkan bangsa Indonesia yang bekerja keras mewujudkan Indonesia yang maju.

Indonesia.. Merdeka!

Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan, jika saya mempunyai kesalahan baik kata maupun perilaku, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Contoh Teks Naskah Pidato Kemerdekaan Hut RI 17 Agustus 1945 part 2

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah SMA 1 Buahbatu
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah SMA 1 Buahbatu
Dan semua teman-teman yang saya hormati

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji Syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan waktu yang baik ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan.

Teman teman yang saya hormati, Hari ini tepat pada tanggal 17 agustus 2019 kita merayakan ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-74. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih giat lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram.

Peranan Generasi muda sekarang ini sangatlah penting sekali demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Karena Generasi Muda sekarang ini lebih bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Tentu negara ini menjadi seperti apa nantinya jika generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti yang luhur serta semangat untuk hidup bergotong royong dan saling membantu.Semangat Nasionalisme generasi muda sangatlah penting, karena nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetian terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.Dengan adanya semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat.

Teman Teman Sekalian

Yakinilah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa dapat mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.

Dirgahayu IndonesiaKu! Merdeka
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Naskah Pidato Kemerdekaan Hut RI 17 Agustus 1945 part 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak ...
Yang terhormat Bapak Ketua RW ...
Yang terhormat Bapak Ketua RT ...
Dan hadirin sekalian yang kami muliakan!

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-(...) dalam keadaan sehat wal-afiat.

Selanjutnya dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini kami berharap, semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 itu. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.

Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridla Allah Subhanahu wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal ‘alamin.

Akhirul kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka!
Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh