Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban

Contoh-Soal-Soal-Tes-Lomba-Guru-Berprestasi-Dan-Kunci-Jawaban
Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban Contoh-Soal-Soal-Tes-Lomba-Guru-Berprestasi-Dan-Kunci-Jawaban

Dalam Rangka Persiapan lomba guru berprestasi / GuPres sebagai referensi untuk Bapak / Ibu guru 
pengajar , Soal Tes Ujian akan berbagi info seputar soal tes ujian guru berprestasi beserta dengan kunci jawaban sebagai tambahan ilmu dan wawasan pengetahuan Kompetensi pedagogik bagi rekan rekan guru semuanya

Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban Paket 1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap !

1. Sebutkan 5 landasan dikembangkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan !

2. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan, portofolio terdiri dari 10 komponen. Sebutkan 5 komponen portofolio yang saudara ingat !

3. Guru yang inovatif diharapkan mampu mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK).
a. Apa pengertian dari PTK ?
b. Sebutkan 5 karakteristik PTK !

4. Untuk menjamin mutu pendidikan nasional, ditetapkan standar nasional pendidikan. Sebutkan lingkup standar nasional pendidikan !

5. Pembaharuan system pendidikan nasional dilakukan untuk memperbaharui visi, misi dan strategi pem pendidikan nasional. Jelaskan visi pendidikan nasional menurut UU nomor 20 tahun 2003 !

6. Salah satu strategi pendidikan nasional adalah peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga ke pendidikan. Sebutkan dan jelaskan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru !

7. Menurut Ausubel, ada 4 strategi agar belajar menjadi bermakna, yaitu advance organizer, progressive differentiation, integrative reconciliation and consolidation. Jelaskan pengertian tersebut !

8. Kode etik guru merupakan pegangan professional para guru. Sebutkan 3 butir kode etik guru yang kamu ingat !

9. Profesionalisme merupakan sikap mental yang senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan diri sebagai guru professional. Sebutkan 5 prinsip professional menurut UU nomor 14 tahun 2005 yang saudara ingat !

10. Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di kelas 1,2 dan 3 menerapkan pembelajaran tematik. Sebutkan 5 ciri pembelajaran tematik !

Kunci Jawaban Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi  :

1. Landasan dalam pengembangan KTSP :

a. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
b. PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan
c. Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
d. Permendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan
e. Permendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang  pelaksanaan Permen 23 tahun 2006

2. Komponen portofolio sertifikasi guru dalam jabatan

a. Kualifikasi akademik
b. Pendidikan dan pelatihan
c. Pengalaman mengajar
d. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
e. Penilaian dari atasan dan pengawas
f. Prestasi akademik
g. Karya pengembangan profesi
h. Keikutsertaan dalam forum ilmiah
i. Pengalaman organisasi
j. Penghargaan yang relevan

3. a. PTK adalah penelitian oleh guru untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu melaksanakan KBM

    b.Karakteristik PTK :
 1). obyek penelitian dari dunia peneliti sendiri
 2). memecahkan masalah guna meningkatkan kualitas
 3). menggunakan data yang beragam
 4). langkah-langkahnya merupakan siklus
 5). mengutamakan kerja kelompok

4. Lingkup Standar Nasional Pendidikan
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Kompetensi Kelulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan
h. Standar Penilaian Pendidikan

5. Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya system pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah

6. a.Kompetensi Pedagogik Kemampuan mengelola  pembelajaran peserta didik
b.Kompetensi Kepribadian Berkepribadian mantap, stabil,  dewasa, arif, wibawa, akhlak mulia, teladan
c.Kompetensi Profesional Menguasai materi secara luas dan  mendalam
d.Kompetensi Sosial Berkomunikasi secara efektif dengan  peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat

7. Belajar bermakna dari Ausubel
a. Konsep/ide diberikan kepada siswa jauh sebelum materi  sesungguhnya diberikan
b. Pengembangan konsep dimulai dari yang umum sampai  ke yang khusus
c. Memajukan persamaan dan perbedaan antara materi  baru dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya
d. Memberikan pemantapan atas materi pelajaran yang  telah diberikan untuk memudahkan siswa memahami  materi berikutnya
8. Kode Etik Guru : (3 jawaban)
a. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila
b. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional
c. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan  pembinaan
d. Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya  menunjang berhasilnya PBM
e. Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua dan  masyarakat
f. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan  dan meningkatkan mutu dan martabat
g. Guru memelihara hubungan profesi , semangat  kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial
h. Guru meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai  sarana perjuangan dan pengabdian
i. Guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah  dalam bidang pendidikan

9. Prinsip Profesional (5 jawaban)
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, idealism
b. Komitmen meningkatkan mutu
c. Kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan yang  sesuai
d. Kompetensi yang diperlukan
e. Tanggungjawab dalam melaksanakan tugas
f. Penghasilan yang sesuai
g. Kesempatan mengembangkan profesi
h. Jaminana perlindungan hokum
i. Memiliki organisasi profesi

10. Ciri pembelajaran tematik (5 jawaban)
a. Berpusat pada siswa
b. Memberikan pengalaman langsung pada siswa
c. Pemisahan antara mata pelajaran tidak begitu jelas
d. Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam  PBM
e. Bersifat fleksibel
f. Hasil pembelajaran berkembang sesuai minat dan kebutuhan siswa

Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban Paket 2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap !
1. a. Jelaskan pengertian kurikulum menurut UU nomor 20 tahun 2003 !
b. Jelaskan pengertian KBK !

2. a. Jelaskan perbedaan antara Visi, Misi dan Tujuan sekolah !
b. Jelaskan cara-cara merumuskan visi sekolah !

3. a. Jelaskan yang dimaksud dengan MBE !
b. Sebutkan 3 cakupan MBE !

4. Salah satu upaya pemerintah dalam mmeningkatkan mutu pendidikan adalah melalui MBS. Sebutkan prinsip-prinsip pelaksanaan MBS !
5. a. Apakah kompetensi itu ?
b. Sebutkan 4 kompetensi guru sebagai agen pembelajaran menurut PP nomor 19 tahun 2005 !

6. a. Jelaskan yang dimaksud dengan kecakapan hidup (life skill)!
b. Sebutkan jenis-jenis kecakapan hidup !

7. Dengan memasuki abad ke-21 pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar dapat hidup dalam situasi yang baru yang muncul dalam diri dan lingkungannya. Kemampuan tersebut dilakukan sebagai pilar pendidikan. Sebutkan 4 pilar pendidikan menurut UNESCO !

8. a. Jelaskan yang dimaksud dengan CTL !
b. Sebutkan strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL !

9. Sebutkan kompetensi lulusan sekolah dasar !
10. Sebutkan prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005 !

Kunci Jawaban Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban :

1. a. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (pasal 1 UU nomor 20 tahun 2003)
b. Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, KBM, penilaian dan pemberdayaan sumber daya pendidik dalam pengembangan kurikulum sekolah

2. a. Visi adalah pandangan jauh ke depan/ gambaran masa depan sekolah/ wawasan yang menjadi sumber arahan bagi sekolah. Misi adalah tindakan untuk merealisasikan visi tersebut Tujuan sekolah adalah penjabaran misi, sesuatu yang akan dicapai dan kapan akan dicapai/ penjabaran operasional
jangka pendek
b. Cara merumuskan visi sekolah
1) Pelajari visi pendidikan nasional, dinas pendidikan  propinsi, dinas pendidikan kabupaten
2) Berdasarkan visi tersebut dirumuskan visi sekolah

3. a. MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah dengan berbagai pihak (Unesco, Unicef, IAP, AusAID, USAID, dll yang bertujuan memberdayakan pemerintah daerah agar lebih peduli dengan pendidikan
b. Cakupan program MBE adalah :
1. MBS
2. PAKEM
3. PSM

4. Prinsip-prinsip pelaksanaan MBS
a. Fokus pada mutu
b. Perencanaan dari bawah dalam pengambilan keputusan
c. Manajemen transparansi
d. Pemberdayaan masyarakat
e. Peningkatan mutu yang berkelanjutan

ATAU
a. keterbukaan f. demokratis
b. kebersamaan g. kemandirian sekolah
c. keberlanjutan h. orientasi pada mutu
d. menyeluruh i. peran serta masyarakat
e. akuntabilitas j. pendidikan untuk semua

5. a. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap/nilai nilai dasar yang direfleksikan/ diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran Kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan kompetensi sosial

6. a. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa tertekan, proaktif dan kreatif menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya
b. Kecakapan hidup meliputi kecakapan hidup generic dan  spesifik :
1). Kecakapan hidup generic meliputi kecakapan personal  dan social
2). Kecakapan hidup spesifik meliputi kecakapan akademik dan vokasional

7. Empat pilar pendidikan (Unesco)
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui,  memahami)  Belajar, bagaimana cara belajar sehingga  dapat memberkali ilmu pengetahuan kepada siswa  sebanyak- banyaknya
b. Learning to do (belajar melakukan)
 Belajar melalui kegiatan tangan, berkomunikasi,  merumuskan, menganalisis, memecahkan masalah danlain-lain
c. Learning to life together (belajar hidup dalam kebersamaan) Belajar untuk menyadari bahwa hidup perlu bekerjasama saling menghargai, menerima perbedaan saling pengertian dll
d. Learning to be (belajar menjadi)Pendidikan harus mampu memberikan kontribusi dalam
 pengembangan diri seutuhnya pada setiap jiwa raga, kecerdasan, sensitivitas, apresiasi estetis dan
 spiritualitas

8. a. CTL (Contekstual Teaching an Learning)
Konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari
b. Strategi CTL
1) Pembelajaran otentik
2) Pembelajaran inkuiri
3) Berbasis masalah (problem solving)
4) pembelajaran layanan
5) berbasis kerja

9. Kompetensi lulusan SD
a. Mengenali dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakini
b. Mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja dan peduli terhadap lingkungan
c. Berpikir logis, kritis dan kreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media
d. Menyenangi keindahan
e. Membiasakan diri hidup bersih, bugar dan sehat
f. Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air
10. Prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealism
b. Memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
c. Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya
d. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
e. Memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
f. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
g. Memiliki kesempatan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat
h. Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam pelaksanaan tugas profesionalan
i. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas professional guru.

Demikian Contoh Soal-Soal Tes Lomba Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban