Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Komplain Atas Pembelian Barang dan Penggantian Barang Rusak

Contoh-Surat-Komplain-Atas-Pembelian-Barang-dan-Penggantian-Barang-Rusak
Contoh Surat Komplain Atas Pembelian Barang dan Penggantian Barang Rusak - Surat komplain adalah Surat yang digunakan untuk menyuarakan keluhan terhadap produk yang tidak sesuai atau layanan yang buruk terhadap produk barang dan jasa yang berkaitan dengan transaksi jual beli. Surat komplain ditujukan kepada penjual atau distributor atas barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dilakukan oleh konsumen Adapun cara menulis surat komplain yakni dengan menulis poin-poin secara berurutan dan sopan. Identifikasi permasalahan yang terjadi dengan menunjukan bahasa tulisan secara profesional sehingga tidak terkesan menggunakan nada yang marah. Pastikan surat yang ditulis tidak mengandung sarkasme (bahasa yang pedas).

Berikut sruktur pembuatan surat komplain 

- Nama dan alamat perusahaan yang dituju
- Tanggal
- Nama dan alamat perusahaan penulis
- Salam
- Paragraf pembuka yang berisi data diri dan jelaskan mengapa menulis surat tersebut
- Isi paragraf yang menjelaskan masalah yang terjadi secara detail.Gunakan bahasa yang formal dan baku sehingga tidak menyinggung perusahaan/orang lain. Jangan mudah menyalahkan orang/perusahaan yang dituju
- Paragraf penutup yang menjelaskan otoritas terkait memperbaiki produk secara sesuai atau menggantinya. Namun, jika perbaikan yang dilakukan tidak memuaskan, gunakan kartu garansi
- Tanda Tangan 

Surat pengaduan barang ini ditujukan kepada penjual atau distributor atas barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dilakukan oleh konsumen. Surat yang diterima sebaiknya dilakukan balasan kepada konsumen agar konsumen merasa diperhatikan dan tidak dirugikan. Surat ini biasanya ditujukan kepada perusahaan bisa toko, atau distributor barang tersebut.
Surat pengaduan barang ini tergolong surat resmi sehingga kita perlu membuat surat dengan tata bahasa yang resmi baik yang kita tuliskan untuk penjual maupun balasan kepada pembeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menulis surat balasan pengaduan ini adalah penggunaan bahasa yang resmi/formal, sopan dan jelas.

Contoh Surat Komplain Atas Pembelian Barang dan Penggantian Barang Rusak

Kepada Yth,
Manajer Pemasaran
PT. ______________
Pemilik Showroom _______________
___________________
___________________

Perihal: Komplain Atas Pembelian Barang

Dengan Hormat,
Berkaitan dengan pembelian barang yang kami lakukan di showroom milik saudara pada tanggal __ ___________ ____ sebagai berikut:

Jenis Barang : 
Merek/Tipe : 
Keterangan : 
(“Barang”)

Maka berikut kami sampaikan komplain kami:

(1). Bahwa, pada tanggal ___ ___________ ____ kami telah melakukan pembayaran penuh atas pembelian Barang sebesar Rp. _________________ (________ ________ rupiah), dan menurut marketing showroom yang melayani kami Barang tersebut akan diantarkan ke tempat yang telah kami tunjuk selambat-lambatnya __ (_______________) kalender setelah pembayaran tersebut, atau jatuh tempo pada tanggal __ ____________ ____.

(2). Bahwa, dalam kurun waktu ___ (_________________) hari kalender setelah dilakukannya pembayaran, ternyata Barang yang kami beli tersebut tidak juga di antarkan ke alamat seperti yang telah kami tunjuk, dan karenanya kami menghubugi kembali marketing showroom yang berjanji akan mengantarkan Barang tersebut dalam waktu __ (_________________) hari kalender berikutnya.

(3). Bahwa, pada tanggal __ _________________ ____ showroom saudara telah mengirim barang yang jenis/merek/tipenya berbeda dengan Barang yang telah kami pesan dan lunasi harganya, pengiriman mana tidak sesuai dengan pesanan kami.

(4). Bahwa, berkaitan dengan hal tersebut maka dengan ini kami merasa kecewa dengan pelayanan yang telah diberikan oleh showroom saudara, dan atas ketidaksesuaian pengantaran Barang tersebut maka kami dengan ini meminta agar saudara dapat menukar kembali barang yang telah saudara kirimkan dengan mobil Barang yang sesuai dengan pesanan kami.

(5). Bahwa, jika permintaan kami tersebut tidak dikabulkan, maka kami akan membatalkan pembelian tersebut dan kami meminta pengembalian uang harga Barang yang telah kami bayarkan.

Demikian komplain ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian saudara demi pelayanan yang baik.

_________, __ _____________ ____

Hormat kami,




________________

Pembeli



Contoh Surat Komplain Atas Pembelian Barang dan Penggantian Barang Rusak 2


Kepada Yth., 

_________________________ 
_____________________________ 
____________________________ 
______________ 

Perihal: Penggantian Barang Rusak 

Dengan hormat, 

Terkait surat Saudara tertanggal __ _____________ _____ perihal: Pengaduan Barang Rusak yang telah kami terima tanggal __ _____________ ____, maka perlu kami sampaikan bahwa kami telah mempelajari dengan baik surat Saudara tersebut. 

Sebagai tindak lanjut dari surat Saudara tersebut kami telah mengirimkan tenaga teknis kami untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan maka kami berkesimpulan bahwa kerusakan barang terjadi terjadi karena _________________________, dan penyebab kerusakan barang tersebut masih dalam penjaminan kami. 

Oleh karena kerusakan barang tersebut terjadi salama berada di dalam penjaminan kami, maka dengan ini kami sampaikan bahwa kami akan mengganti kerusakan barang tersebut. Kami akan menukar barang yang telah rusak tersebut dengan barang baru dengan jenis, merek dan tipe yang sama. Untuk melakukan penukaran barang yang rusak dengan barang baru yang sama tersebut mohon Bapak/Ibu dapat menghubungi customer service kami dan di: __________________________ dan melakukan arahan-arahan yang diperlukan. 

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang Saudara alami atas terjadinya kerusakan barang tersebut. 


Hormat Kami, 

Demikian Contoh Surat Komplain Atas Pembelian Barang dan Penggantian Barang Rusak