SOAL UAS UKK MATEMATIKA KELAS 8 SMP MTS SEMESTER 1
SOAL UAS UKK MATEMATIKA KELAS 8 SMP MTS SEMESTER 1 

Soal UAS UKK Matematika Kelas 8 SMP MTs - Pada kesempatan ini, soal test ujian akan mengulas Bank Soal Matematika Ulangan Akhir Semester UAS UKK / semester 1 kelas 8 SMP MTs yang bisa sobat pelajari dan berikan sebagai contoh latihan soal kisi-kisi ujian ulangan Soal UAS UKK Matematika kelas 8 SMP MTs semester tahun pelajaran 2019 Soal Ulangan Akhir Semester Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : 8 SMP MTs / 1 (Satu)
Hari/ Tanggal : ..................................
Waktu : 120 menit
A. Pilihlah huruf a, b, c, atau d untuk jawaban benar!
1. Koefisien y dari 3x2 – 4x + 4y adalah ….
A. – 4
B. – 3
C. 3
D. 4
2. Hasil penjumlahan 2x + 7y dan 3x – 2y adalah ….
A. x – 9y
B. 5x – 5y
C. 5x + 5y
D. x + 5y
3. Bentuk sederhana dari adalah ….
A. 2a + 3a2
B. 2a – 3a2
C. 2a2 + 3a
D. a2 + 2a3
4. Faktor dari bentuk aljabar x2 – 11x + 24 adalah….
A. (x – 3)(x – 8)
B. (x – 3)(x + 8)
C. (x + 3)(x – 8)
D. (x + 3)(x + 8)
5. Hasil kali dari (p – 6)(p – 2) = ….
A. p2 + 8p + 12
B. p2 – 8p + 12
C. p2 + 4p + 12
D. p2 – 4p + 12
6. Hasil pemfaktoran dari 3x2 + 4x – 15 adalah ….
A. (3x – 5)(x – 3) B. (3x + 5)(x + 3)
C. (3x + 5)(x – 3)
D. (3x – 5)(x + 3)
7. Hasil pemfaktoran dari (m2 – 16n2) adalah …..
A. (m + 16n)(m – 16n)
B. (m – 16n)(m – 16n)
C. (m – 4n)(m – 4n)
D. (m + 4n)(m – 4n)
8. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(3, 1), (4, 2), (5, 3), (6 ,4), (7, 5)}. Relasi yang tepat dari himpunan pertama ke himpunan kedua adalah….
A. faktor dari
B. dua lebihnya dari
C. kuadrat dari
D. setengah dari
9. (i) = {(0, p), (2, q), (4, r), (6, s)}
(ii) = {(0, p), (2, p), (4, p), (4, q)}
(iii) = {(0, q), (2, q), (4, q), (6, q)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan fungsi adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (i), (ii) dan (iii)
10 . Diagram panah yang menyatakan suatu fungsi adalah
11. Suatu fungsi f dirumuskan dengan f(x) = –2x + 5. Nilai dari f(–4) = ….
A. –13
B. –3
C. 3
D. 13
12. Suatu fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Jika f(–5) = 15 dan f(5) = –5, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….
A. –10 dan 15
B. 15 dan –10
C. –2 dan 5
D. 5 dan –2
13. Diketahui A = {a, b} dan B = (p, q, r}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B ada ….
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
14. Fungsi f(x) = x2 – 3 dengan x = { 0, 1, 2, 3}. Daerah hasil dari fungsi tersebut adalah ..
A. {–3, –2, –1, –6}
B. {–3, –2, 1, –6}
C. {–3, –2, 1, 6}
D. {–3, –2, –1, –6}
15. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(0, –5), (1, –1), (2, 3)}. Rumus fungsi yang tepat untuk himpunan pasangan berurutan tersebut adalah ….
A. f(x) = 2x + 1
B. f(x) = 3x – 7
C. f(x) = 4x – 5
D. f(x) = 5x + 1
16. Harga 10 buku tulis dan 6 pensil adalah Rp. 14.500,00. Harga 6 buku tulis dan 5 pensil adalah Rp. 9.750,00. Jumlah harga 5 buku tulis dan 4 pensil adalah ….
B. Rp. 7.600,00
C. Rp. 7.750,00
D. Rp. 8.000,00
17. Jika p dan q adalah akar dari sistem persamaan 2p + 3q = 2 dan 4p – q = 18, maka nilai 5p –2q2 adalah….
A. 4
B. 12
C. 28
D. 36.
18. Persamaan garis lurus yang melalui titik (–3, 1) dan bergradien 2 adalah ….
A. y = 2x + 7
B. y = 2x – 7
C. y = 2x + 4
D. y = 2x – 4
11. Persamaan garis yang melalui titik (0,3) dan (5,0) adalah….
A. 3x + 5y + 15 = 0
B. 3x – 5y + 15= 0
C. 5y + 3x – 15 = 0
D. 5y + 3x +15= 0
24. Persamaan garis lurus yang melalui titik (4, 3) dan sejajar dengan garis y = 2x + 3 adalah....
A. 2x + y + 5 = 0
B. 2x – y – 5 = 0
C. –2x + y + 5 = 0
D. –2x – y – 5 = 0
25. (i) 5a + 7b = 10 (iii) 2x2 – 5x = 12
(ii) 5y = 4y – 7 (iv) 2x – 3y = 9
Pernyataan yang merupakan persamaan linear dua variabel adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (iii) dan (iv)
D. (i) dan (iv)
26. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear 2x – y = 2 dan x + y = 7 adalah ….
A. {(4, 3)}
B. {(3, 4)}
C. {(–3, – 4)} D. {(–4, –3)}
27. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 5x – 3y = –4 dan 3x – 2y = –3 adalah ….
A. {(1, 3)}
B. {(1, –3)}
C. {(–1, 3)}
D. {(–1, –3)}
28. Pernyataan “selisih dua bilangan adalah 10”, jika bilangan pertama p dan bilangan kedua q serta p > q, maka model matematikanya adalah ….
A. q = p + 10
B. p + q = 10
C. p – q = 10
D. q – p = 10
29. Selisih umur seorang ayah dengan anaknya 40 tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur anaknya maka umur anak tersebut adalah ….
A. 10
B. 15
C. 20
D. 25
30. Diketahui dua buah sudut saling berpelurus. Besar sudut yang satu adalah 150 lebihnya dari sudut siku-siku. Selisih kedua sudut tersebut adalah .…
A. 300
B. 200
C. 150
D. 100
II. Jawablah pertanyaan berikut ini!
31. Faktorkanlah bentuk x2 – 4x – 21 !
32. Gambarlah grafik fungsi f(x) = 3x – 9 dengan x anggota himpunan bilangan real !
33. Pak Fathoni menjual 2 ekor ayam dan 2 ekor itik seharga Rp. 130.000,00. Kemudian dia menjual seekor ayam dan 3 ekor itik seharga Rp. 135.000,00. Berapakah harga seekor ayam dan seekor itik ?
34. Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 5x + y = 10 dan 4x – 2y = –6 dengan metode eliminasi !
35. Perhatikan gambar Persegi panjang ABCD disamping !
Diketahui ukuran panjang dan lebar persegi panjang tersebut berturut-turut adalah 15 cm dan 8
cm. Tentukan panjang diagonal BD !
Baca juga soal ujian kelas 8 SMP
Soal UKK UAS kelas 8 SMP PAI Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Inggris kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS PKN kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Indonesia kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Sunda kelas 8 SMP Semester 1
Soal UAS UKK SBK Seni Budaya kelas 8 SMP / MTs Semester 2
Soal UKK UAS PAI Agama Islam kelas 8 SMP / MTs Semester 2
Soal UAS UKK Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 1
Soal UAS UKK PJOK Penjaskes kelas 8 SMP / MTs Semester 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : 8 SMP MTs / 1 (Satu)
Hari/ Tanggal : ..................................
Waktu : 120 menit
A. Pilihlah huruf a, b, c, atau d untuk jawaban benar!
1. Koefisien y dari 3x2 – 4x + 4y adalah ….
A. – 4
B. – 3
C. 3
D. 4
2. Hasil penjumlahan 2x + 7y dan 3x – 2y adalah ….
A. x – 9y
B. 5x – 5y
C. 5x + 5y
D. x + 5y
3. Bentuk sederhana dari adalah ….
A. 2a + 3a2
B. 2a – 3a2
C. 2a2 + 3a
D. a2 + 2a3
4. Faktor dari bentuk aljabar x2 – 11x + 24 adalah….
A. (x – 3)(x – 8)
B. (x – 3)(x + 8)
C. (x + 3)(x – 8)
D. (x + 3)(x + 8)
5. Hasil kali dari (p – 6)(p – 2) = ….
A. p2 + 8p + 12
B. p2 – 8p + 12
C. p2 + 4p + 12
D. p2 – 4p + 12
6. Hasil pemfaktoran dari 3x2 + 4x – 15 adalah ….
A. (3x – 5)(x – 3) B. (3x + 5)(x + 3)
C. (3x + 5)(x – 3)
D. (3x – 5)(x + 3)
7. Hasil pemfaktoran dari (m2 – 16n2) adalah …..
A. (m + 16n)(m – 16n)
B. (m – 16n)(m – 16n)
C. (m – 4n)(m – 4n)
D. (m + 4n)(m – 4n)
8. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(3, 1), (4, 2), (5, 3), (6 ,4), (7, 5)}. Relasi yang tepat dari himpunan pertama ke himpunan kedua adalah….
A. faktor dari
B. dua lebihnya dari
C. kuadrat dari
D. setengah dari
9. (i) = {(0, p), (2, q), (4, r), (6, s)}
(ii) = {(0, p), (2, p), (4, p), (4, q)}
(iii) = {(0, q), (2, q), (4, q), (6, q)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan fungsi adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (i), (ii) dan (iii)
10 . Diagram panah yang menyatakan suatu fungsi adalah
11. Suatu fungsi f dirumuskan dengan f(x) = –2x + 5. Nilai dari f(–4) = ….
A. –13
B. –3
C. 3
D. 13
12. Suatu fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Jika f(–5) = 15 dan f(5) = –5, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….
A. –10 dan 15
B. 15 dan –10
C. –2 dan 5
D. 5 dan –2
13. Diketahui A = {a, b} dan B = (p, q, r}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B ada ….
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
14. Fungsi f(x) = x2 – 3 dengan x = { 0, 1, 2, 3}. Daerah hasil dari fungsi tersebut adalah ..
A. {–3, –2, –1, –6}
B. {–3, –2, 1, –6}
C. {–3, –2, 1, 6}
D. {–3, –2, –1, –6}
15. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(0, –5), (1, –1), (2, 3)}. Rumus fungsi yang tepat untuk himpunan pasangan berurutan tersebut adalah ….
A. f(x) = 2x + 1
B. f(x) = 3x – 7
C. f(x) = 4x – 5
D. f(x) = 5x + 1
16. Harga 10 buku tulis dan 6 pensil adalah Rp. 14.500,00. Harga 6 buku tulis dan 5 pensil adalah Rp. 9.750,00. Jumlah harga 5 buku tulis dan 4 pensil adalah ….
A. Rp. 7.250,00
B. Rp. 7.600,00
C. Rp. 7.750,00
D. Rp. 8.000,00
17. Jika p dan q adalah akar dari sistem persamaan 2p + 3q = 2 dan 4p – q = 18, maka nilai 5p –2q2 adalah….
A. 4
B. 12
C. 28
D. 36.
18. Persamaan garis lurus yang melalui titik (–3, 1) dan bergradien 2 adalah ….
A. y = 2x + 7
B. y = 2x – 7
C. y = 2x + 4
D. y = 2x – 4
11. Persamaan garis yang melalui titik (0,3) dan (5,0) adalah….
A. 3x + 5y + 15 = 0
B. 3x – 5y + 15= 0
C. 5y + 3x – 15 = 0
D. 5y + 3x +15= 0
24. Persamaan garis lurus yang melalui titik (4, 3) dan sejajar dengan garis y = 2x + 3 adalah....
A. 2x + y + 5 = 0
B. 2x – y – 5 = 0
C. –2x + y + 5 = 0
D. –2x – y – 5 = 0
25. (i) 5a + 7b = 10 (iii) 2x2 – 5x = 12
(ii) 5y = 4y – 7 (iv) 2x – 3y = 9
Pernyataan yang merupakan persamaan linear dua variabel adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (iii) dan (iv)
D. (i) dan (iv)
26. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear 2x – y = 2 dan x + y = 7 adalah ….
A. {(4, 3)}
B. {(3, 4)}
C. {(–3, – 4)} D. {(–4, –3)}
27. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 5x – 3y = –4 dan 3x – 2y = –3 adalah ….
A. {(1, 3)}
B. {(1, –3)}
C. {(–1, 3)}
D. {(–1, –3)}
28. Pernyataan “selisih dua bilangan adalah 10”, jika bilangan pertama p dan bilangan kedua q serta p > q, maka model matematikanya adalah ….
A. q = p + 10
B. p + q = 10
C. p – q = 10
D. q – p = 10
29. Selisih umur seorang ayah dengan anaknya 40 tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur anaknya maka umur anak tersebut adalah ….
A. 10
B. 15
C. 20
D. 25
30. Diketahui dua buah sudut saling berpelurus. Besar sudut yang satu adalah 150 lebihnya dari sudut siku-siku. Selisih kedua sudut tersebut adalah .…
A. 300
B. 200
C. 150
D. 100
II. Jawablah pertanyaan berikut ini!
31. Faktorkanlah bentuk x2 – 4x – 21 !
32. Gambarlah grafik fungsi f(x) = 3x – 9 dengan x anggota himpunan bilangan real !
33. Pak Fathoni menjual 2 ekor ayam dan 2 ekor itik seharga Rp. 130.000,00. Kemudian dia menjual seekor ayam dan 3 ekor itik seharga Rp. 135.000,00. Berapakah harga seekor ayam dan seekor itik ?
34. Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 5x + y = 10 dan 4x – 2y = –6 dengan metode eliminasi !
35. Perhatikan gambar Persegi panjang ABCD disamping !
Diketahui ukuran panjang dan lebar persegi panjang tersebut berturut-turut adalah 15 cm dan 8
cm. Tentukan panjang diagonal BD !
Baca juga soal ujian kelas 8 SMP
Soal UKK UAS kelas 8 SMP PAI Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Inggris kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS PKN kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Indonesia kelas 8 SMP Semester 1
Soal UKK UAS Bahasa Sunda kelas 8 SMP Semester 1
Soal UAS UKK SBK Seni Budaya kelas 8 SMP / MTs Semester 2
Soal UKK UAS PAI Agama Islam kelas 8 SMP / MTs Semester 2
Soal UAS UKK Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 1
Soal UAS UKK PJOK Penjaskes kelas 8 SMP / MTs Semester 2