Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Jenis Fungsi Lembaga Ekonomi Koperasi Rakyat

Macam-Macam-Jenis-Fungsi-Pengertian-Lembaga-Ekonomi-Koperasi-Rakyat-beserta-contohnya
Macam-Macam Jenis Fungsi Lembaga Ekonomi Koperasi Rakyat - A. Pengertian Lembaga Ekonomi 
Dalam melakukan kegiatan ekonomi peranan lembaga ekonomi sangat membantu berbagai macam masalah terkait dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Lembaga ekonomi bertujuan untuk mempermudah segala kegiatan ekonomi, atau menyediakan jasa yang berguna untuk menyejahterakan masyarakat. Contoh dari lembaga ekonomi diantaranya adalah Bank, Koperasi, BUMN, Pasar dan sebagainya. Lembaga ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok guna tercapainya kesejahteraan manusia. Salah satu lembaga ekonomi yang sering dijumpai siswa SD adalah koperasi. Koperasi merupakan lembaga ekonomi yang telah banyak dikenal masyarakat. Bapak koperasi Indonesia yaitu Dr. Muhammad Hatta mengatakan bahwa koperasi merupakan badan usaha bersama di bidang ekonomi yang beranggotakan masyarakat yang bergabung secara sukarela atas dasar persamaan hak dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya.

Fungsi Lembaga Ekonomi

Adapun Beberapa Fungsi-fungsi Lembaga Ekonomi Yakni,Sebagai Berikut :
1. untuk memberi petunjuk dalam mendapatkan bahan pangan
2. untuk dapat memberikan sebuah pedoman dalam hal melakukan suatu pertukaran barang atau bisa di sebut dengan barter
3. untuk dapat memberikan sebuah pedoman mengenai harga jual beli barang .
4. untuk dapat memberikan sebuah pedoman dalam penggunaan tenaga kerja
5. untuk dapat memberikan sebuah pedoman mengenai cara pengupahan/pemberian
6. untuk dapat memberikan sebuah pedoman mengenai cara melakukan suatu pemutusan hubungan kerja
7. untuk memberi identitas bagi masyarakat setempat.

Bagian-bagian Lembaga Ekonomi

1. Bagian/unit produksi

Bagian produksi yang akan berhubungan dengan cara-cara bagaimana berbagai kebutuhan hidup itu juga dapat dipenuhi. Bagian produksi akan terbagi menjadi beberapa kegiatan sebagai berikut yakni.

A. Berburu atau Meramu
Kegiatan ini menjadi rutinitas di kalangan masyarakat tradisional dengan gaya hidup yang nomaden.

B. Bercocok Tanam Di Ladang
Kegiatan produksi ini merupakan bentuk paling utama dari yang sistem pertanian.

C. Bercocok Tanam Di Lahan Basah
Kegiatan produksi ini sering kali dilakukan oleh masyarakat-masyarakat yang telah menetap secara permanen.

D. Peternakan
Memelihara hewan-hewan ternak yang telah dilakukan sejak zaman dahulu, Dan akan tetap dilakukan pada zaman sekarang.

E. Perindustrian
Industri adalah kegiatan produksi yang sering dilakukan oleh masyarakat modern. Pemenuhan barang kebutuhan akan dilakukan dengan menjadikan barang mentah menjadi barang setengah jadi serta barang jadi.

Jenis-jenis Lembaga Ekonomi
Dilansir dari sistem perekonomian, Lembaga ekonomi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya ;

1. Komunis
Komunis yakni salah satu dari sistem perekonomian yang akan menegaskan bahwa semua kekayaan yang telah dimiliki masyarakat merupakan milik negara. Dalam perekonomian ini mengutamakan aspek keperdulian bersama dan juga rasa kebersamaan namun, Sistem perekonomian komunis pada saat ini masih tersisa di beberapa negara,Misalnya Negara china, korea utara dan rusia.
2. Kapitalis

Aspek yang ada dalam macam lembaga ekonomi selanjutnya adalah kapitalis, Definisi dari perekonomian ini mengedepakan persaingan antar masyarakat. Kekayaan yang miliki sendiri, Tanpa ada hubungan dengan negara. Adapun beberapa negara yang melakukan sistem perekonomian kapitalis misalnya saja Singapura, Amerika serikat atau yang lain sebagianya.

3. Pancasila

Yang pada khususnya pada sistem perekonomian ini sudah tidak asing lagi menurut warga negara di Indonesia, bagimana tidak?, lantaran Pancasila sebagai Idiologi bangsa Indonesai juga akan diteraakan di dalam perekonomian.Intisari dari perekonomian ini ialah akan berada di antara komunis dan kapitalis, Yang akan menyatukan keadilan, kemakmuran serta kepercayaan.
Keterangan mengenai hal pengertian atau juga jenis terhadap lembaga ekonomi di atas. Penting pula yang diketahui bahwasanya ada beberapa kesamaan dari semuanya yang terutama dalam ciri ataupun karakteristik yang ada di dalam lembaga perekonomian, Dinatarnya sebagai berikuti ;

B. Koperasi

Koperasi dapat ditemukan dimana-mana, tidak hanya di sekolah. Koperasi merupakan bentuk usaha di bidang ekonomi yang mengutamakan gotong-royong. Setiap usaha yang dilakukan bersama-sama akan terasa lebih mudah, lebih cepat, dan lebih berhasil. Setiap anggota kelompok dapat saling melengkapi kekurangan satu sama lain, karena setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kerjasama dapat terjalin apabila kita memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Rasa kekeluargaan juga dapat kita jadikan sebagai asas untuk membangun usaha bersama. Dalam Undangundang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1) tertulis “perokonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan”. Pasal ini mengandung pengertian bahwa usaha bersama yang sesuai dengan negara kita adalah usaha yang didasarkan pada asa kekeluargaan.
Bentuk usaha bersama yang berdasarkan atas asas kekeluargaan salah satunya adalah koperasi. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan koperasi? Menurut Undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian disebutkan bahwa “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatannya berdasar prinsip koperasi, sehingga sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan”. Secara lebih sederhana koperasi dapat diartikan sebagai suatu usaha yang didirikan secara bersama serta memungkinkan orang bekerjasama untuk

C. Tujuan dan Manfaat Koperasi
Tujuan koperasi adalah:
1. memajukan kesejahteraan anggota
2. memajukan kesejahteraan masyarakat, dan
3. membangun tatanan ekonomi nasional

Manfaat koperasi adalah :
1. sebagai tiang perekonomian Indonesia
2. melatih anggota berorganisasi
3. kebersamaan dalam suatu usaha, dan
4. sebagai bentuk pengamalan UUD 1945 pasal 33 ayat (1)

Sebagai lembaga ekonomi yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya, koperasi dijalankan bersama, serta dibangun dengan modal bersama. Oleh sebab itu koperasi bukan merupakan tanggung jawab satu orang saja melainkan tanggung jawab bersama. Selain asas kekeluargaan, tanggung jawab dari para anggota juga diperlukan agar usaha koperasi dapat berkembang dan terus memberi kesejahteraan bagi anggotanya. Para anggota dapat membeli kebutuhan mereka dengan berbelanja di koperasi, sehingga mereka tidak perlu lagi pergi ke pasar. Harga barang di koperasi lebih murah. Selain itu, dengan berbelanja di koperasi, para anggota juga ikut mengembangkan dan memajukan usaha koperasi mereka.

Anggota koperasi yang hendak melakukan usaha lain juga dapat meminjam uang di koperasi. Uang itu nantinya dapat digunakan sebagai modal awal ataupun untuk menutup kekurangan modal. Umunya koperasi memberikan kredit lunak kepada anggotanya, artinya mereka memberi pinjaman dengan bunga yang rendah dan waktu pengembalian yang longgar. Misalnya saja seorang anggota hendak membuka rumah makan dan kekurangan modal. Dia dapat mengajukan peminjaman uang ke koperasi sebagai tambahan modal, dengan bunga yang rendah juga waktu pengembalian yang longgar. Dengan demikian ia dapat menjalankan dan mengembangkan usahanya.


D. Lambang Koperasi
Macam-Macam-Jenis-Fungsi-Pengertian-Lembaga-Ekonomi-Koperasi-Rakyat-beserta-contohnya

Sebagai suatu lembaga ekonomi di Indonesia koperasi memiliki lambing sebagai berikut:
Perhatikan lambang koperasi tersebut, coba kalian jelaskan makna dari lambang koperasi tersebut!
Di dalam lambang koperasi tersebut terdapat berbagai gambar yaitu rantai, roda gigi, kapas dan padi, timbangan, bintang dan perisai, pohon beringin, tulisan Koperasi Indonesia, serta warna merah putih. Setiap
gambar memiliki makna tersendiri.
1. Rantai melambangkan persahabatan yang kekal.
2. Roda Gigi melambangkan usaha/ karya yang terus-menerus.
3. Kapas dan padi melambangkan kemakmuran yang diusahakan dan yang harus dicapai oleh koperasi.
4. Timbangan melambangkan keadilan sosial.
5. Bintang dan perisai melambangkan Pancasila.
6. Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan, berkepribadian Indonesia yang kokoh dan berakar.
7. Tulisan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian Koperasi Rakyat Indonesia.
8. Merah Putih melambangkan sifat nasional koperasi.

E. Jenis-jenis Koperasi
Ada berbagai jenis koperasi yang ada di Indonesia, berdasarkan jenis usahanya koperasi dibedakan menjadi tiga. Ketiga koperasi tersebut antara lain:

1. Koperasi Konsumsi
Koperasi konsumsi merupakan koperasi yang menyediakan kebutuhan pokok bagi anggotanya. Koperasi ini menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti beras, gula, garam, kopi, tepung, dan sebagainya.

2. Koperasi Produksi
Koperasi produksi adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para produsen. Mereka menjual barang-barang hasil produksi melalui koperasi. Bahkan koperasi ini juga melakukan kegiatan produksi secara bersama-sama. Jenis barang yang dijual di koperasi ini misalnya baju, ukiran, tempe, dan sebagainya.
3. Koperasi Simpan Pinjam ( Koperasi Kredit)
Koperasi ini memberikan layanan kredit atau peminjaman uang bagi anggotanya. Simpanan anggota didapat dari iuran bulanan. Bunga pinjaman sangat ringan. Pengembalian pinjaman dilakukan dengan cara mengangsur. Koperasi ini memberi kemudahan bagi para anggotanya yang hendak melakukan peminjaman uang.

Berdasarkan anggotanya koperasi dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain :

 1. Koperasi Pertanian
Sesuai dengan namanya, koperasi pertanian merupakan koperasi yang beranggotakan para petani, buruh tani, serta orang-orang yang terlibat dalam usaha pertanian. Koperasi ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pertanian seperti bibit unggul, pupuk, obat hama, dan lain-lain. Selain itu koperasi pertanian juga menyelenggarakan penyuluhan bagi para petani.

2. Koperasi Pensiunan
Koperasi ini beranggotakan para pensiunan pegawai negeri. Tujuan dari koperasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pensiunan serta menyediakan berbagai barang kebutuhan pensiunan.

3. Koperasi Unit Desa
Koperasi Unit Desa atau lebih dikenal dengan sebutan KUD adalah koperasi yang terdapat di desa. Koperasi ini beranggotakan masyarakat pedesaan. KUD melakukan kegiatan dibidang ekonomi antara lain menyalurkan hasil pertanian serta memasarkan pertanian. KUD juga dapat memberikan bimbingan atau penyuluhan bagi para petani untuk meningkatkan kualitas mereka, serta mampu meningkatkan hasil produksi.

4. Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah beranggotakan para warga sekolah. Koperasi ini menyediakan berbagai kebutuhan siswa dan guru seperti bolpoin, pensil, buku, baju seragam dan lain-lain. Selain dijaga oleh karyawan koperasi, para siswa juga dapat membantu menjaga koperasi secara bergantian. Melalui koperasi siswa dapat berlatih berorganisasi, kerja sama, tanggung jawab, dan